koten ku

Wednesday, June 8, 2016

Sejarah motor diesel

Sejarah motor diesel

Motor Diesel ditemukan oleh RUDOLF DIESEL pada tahun 1898. Motor diesel berbedadengan motor bensin terutama sekali pada proses pembakarannya.Perbedaan antara motor bensin dengan motor diesel diantaranya adalah :

Pada motor bensin langkah isap piston mengisap camputan udara dan bensinsedangkan pada motor diesel pada langkah isap piston menghisap udara murni saja, proses pencampuran udara dan bahan bakar didalam silinder.

Pada motor bensin menggunakan karburator, sedangkan pada motor dieselmenggunakan pompa injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar.

Pada motor bensin system penyalaan bahan bakarnya akibat percikan bunga api dari busi, sedangkan pada motor diesel akibat suhu kompresi yang sangat tinggi sehingga bahan bakar terbakar sendiri.

Bahan bakar motor bensin adalah premium (bensin) sedangkan motor disel Solar.Sistem bahan bakar merupakan sistem utama dalam mesin diesel kendaraan ringan. Efisiensikerjanya tergantung pada sejumlah komponen-komponen pelengkap yang bekerjamengontrol kecepatan dan performa mesin pengapian kompresi. Sistem bahan bakar ini bertanggungjawab atas pengaturan penyaluran bahan bakar diesel ke silinder mesintergantung pada input katup penggerak maupun beban mesin. Jadi sistem ini mengontrolkecepatan mesin. Agar diperoleh kerja mesin yang efisien diperlukan penservisan, perbaikandan diagnosa kerusakan yang tepat. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan yang baik mengenai kerja sistem bahan bakar diesel.

No comments: