koten ku

Wednesday, June 8, 2016

Pompa Penyalur (Feed Pump)

Pompa Penyalur (Feed Pump)


Pompa penyalur sistem bahan bakar diesel juga disebut dengan feed pump/ pompa transfer (transfer pump) atau pompa penyuplai (supply pump). Pompa penyalur bahan bakar merupakan pompa yang digerakkan secara mekanis dengan tekanan rendah sehingga bisadipasang pada blok mesin (digerakkan poros bubungan) atau dipasang pada pompa injeksi bahan bakar yang menggerakkan poros bubungan internal atau poros penggeraknya.
Fungsi utama pompa penyalur (Feed Pump)
adalah memberikan sejumlah tertentu bahan bakar yang diperlukan dari tangki bahan bakar melalui sedimenter dan filter pada pompainjeksi.Pompa didesain agar hanya memberikan jumlah bahan bakar sebesar yang diperlukan pada pompa injeksi. Jika diperlukan bahan bakar yang lebih sedikit maka pemompaan jugaditurunkan dan jika diperlukan lebih banyak bahan bakar maka pemompaan akanditingkatkan. Pompa penyalur dilengkapi dengan pompa tangan yang berfungsi untuk memudahkan menghidupkan mesin.
Pompa tangan
juga berfungsi untuk mengeluarkan udara yang ada dalam system bahan bakar yang dapat dioperasikan dengan tangan untuk memompa, sehingga pada saat dilakukan penservisan atau penggantian komponen dapat dilakukan pembuangan udara.

Gambar 4:Pompa peyalur (penyuplai) sistem bahan bakar diesel tipe Diafragma

No comments: