koten ku

7 HAL YANG WAJIB DI CEK PADA MOBIL SEBELUM MUDIK/PERJALANAN JAUH

LEBARAN MUDIK YUK.......??????

pengertian mudik;
 Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi katabahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang  Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang digunakan antara lain :pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh.

NAH.....!!! 
hal apa saja yang kita harus cek untuk mobil kita agar mudik kita tahun ini aman sampai ke tempat tujuan berikut ini penjelasan nya ;

1.RADIATOR

-cek radiator dari kemungkinan terjadinya kebocoran karna   jika bocor jelas sangat fatal akibat nya karna mengurangi   kinerja fungsi sistim pendingin.
-radiator harus di cek secara berkala di mana anda sedang beristirahat ketika perjalanan nanti karna di air yang ada di dalam radiator akan pasti berkurang karna panas dan jadi ada penguapan tapi INGAT...!!! jangan buka tutup radiator ketika mesin mobil sedang panas karna hal itu sangat berbahaya bagi keselamatan kita lebih baik jika anda ingin nambah air radiator ketika panas seperti yang saya bilang tadi itu anda cukup menambah kan air kedalam reservoir tank karna di dalam radiator jika panas, uap air dari dari radiator akan masuk ke dalam  reservoir tank jika radiator dingin terjadi vacum di dalam radiator yg membuat air yang ada di dalam  reservoir tank  akan masuk ke dalam radiator dengan sendiri nya.


2.LAMPU-LAMPU
 0.1 Head lamp

Lampu utama ini tugasnya untuk menerangi jalan. Makanya sinar lampu ini paling terang pada sebuah mobil. Pada unit ini terdapat lampu hi beam (lampu jauh) dan low beam (lampu dekat). Selain sebagai penerang utama di malam hari, cahaya yang dihasilkannya pun dipergunakan sebagai pemberi tanda pada kendaraan lain  saat berjalan berpapasan.
0.2Tail gate alias lampu belakang
Orang Amerika lebih senang menyebutnya sebagai tailgate, namun bagi orang Indonesia istilah lampu belakang atau lampu stop yang lebih familiar. Merah merupakan warna yang dipergunakan pada lampu ini. Warna yang dihasilkan pun tentu saja merah.
Merah dipilih lantaran memiliki panjang cahaya paling panjang sehingga dapat dilihat dari kejauhan. Contoh yang paling banyak digunakan ada pada lampu menara. Lampu merah yang ada di menara bisa terlihat dari kejauhan meski ada kabut sekalipun. Lantaran alasan itulah, maka semua produsen kendaraan bermotor baik itu roda empat atau pun roda dua menggunakan warna merah sebagai tailgate atau lampu belakang.
Akhir-akhir ini lampu belakang ini banyak mengapilkasikan LED (light emitting diode), sah-sah saja menggunakan jenis lampu ini sejauh fungsi lampu belakang dan lampu remnya berfungsi dengan normal. “Sangat berbahaya jika kita mengganti warna lampu belakang ini dengan warna lain. Selain akan membuat pengendara di belakang kita jadi rancu dan beberapa warna seperti kuning, biru ataupun ungu akan membuat mata cepat lelah,” papar Momon. Regulasi ini pun berlaku pada third brake lamp alias lampu rem ketiga.
0.3Signal lamp
Sesuai dengan namanya, lampu ini hadir sebagai pemberi sinyal pada kendaraan lainnya arah tujuan kita. Apakah menuju ke kiri atau kanan. 
0.4  Hazard
Hazard merupakan sistem lampu yang dipergunakan pada saat kendaraan dalam kondisi berhenti di pinggir jalan atau menandakan kendaraan tersebut dalam kondisi rusak. Sistem lampu ini menyatu dengan lampu sein dan menyala berkedip serentak pada bagian depan dan belakang kendaraan. 



3.REM 
hal ini sangat penting mengapa...? karna jika tidak kita cek maka hal terburuk dalam perjalanan kita bisa terjadi 
hal yang harus di perhatikan adalah ;
cek MINYAK REM  jika kurang di tambah dengan minyak nya kembali jika minyak rem berkurang terus menerus secara CEPAT maka anda harus waspada karna hal itu bukan dari kampas REM yang berkurang melain kan ada kebocoran padakalifer hal ini sangat berbahaya karna bisa mebuat REM kurang PAKEM bahkan bisa NGEBLONG .


4.PRODO KOMPLING 
hal ini sama penting nya dengan REM prodo kompling ini bisa membuat anda mengalami susah untuk memasukan GIGI bahkan hal terparah anda tidak bisa menjalan kan mobil anda WALAUPUN kompling sudah tidak menginjak KOMPLING lagi  

CIRI-CIRI prodo kompling HABIS;


  1. Akselerasi mesin lemah
    Jika anda mengalami kampas kompling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga yang mentrasfer ke mesin dengan begitu akselerasi menjadi lemah dan hal ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memaksimalkan kecepatan. Misalnya saja kecepatan motor kita sudah mencapai 100km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun jika kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu skitar 15 detik atau bahkan bisa lebih .
  2. Selip Kopling
    Gejala gelip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah habis, akan tetapi gejala in juga bisa disebabkan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu digunakan dan belum pernah diganti.
  3. Starter ringan atau ngelos
    Hal ini terntunya terasa di kala cara menghidupkan motor menggunakan kick starter ( atau orang motor bilang dengan istilah engkol) , nah saat melakukan ayunan di kick starter ( engkol) maka akan terasa ringan atau istilahnya ngelos dan tentunya sangat susah di hidupkan ,nah hal ini juga bisa menjadi gejala kampas kopling aus atau habis.
  4. Putaran mesin tinggi
    Sudah tentu putaran mesin menjadi tinggi karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin sehingga menjadi mesin memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan standard. Contoh saat kampas kopling masih tebal biasanya bisa mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin sampai 5000 rpm namun jika kampas kopling aus untuk mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran hingga 8500 rpm.
  5. Perpindahan gigi perseneling
    Gejala berikutnya yaitu jika terjadi gejala kampas kopling habis biasanya saat pengendara sepeda motor mengganti persenelingnya bukan tenaga yang keluar tapi hanya suara raungan alias ngowos.
  6. Tenaga mesin berkurang
    Untuk cara mendetekinya kampas kopling habis bisa juga dengan mencoba cara ini yaitu dengan memasukan gigi transmisi ke perseneling 4 atau 3 lalu tahan tarik gas secara spontan, jika mengalami kenaikan yang pas berarti masih bagus tapi kalau sudah aus rpm sudah semakin tinggi namun kecepatan masih rendah maka bisa dipastikan harus diganti.

5.OLI MESIN DAN DARDAN
OLI mesin ini harus ganti setiap 5000km jika gardan setiap 30.000 harus di ganti karna jika tidak di ganti akibat nya akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam mesin / gardan karna OLI pada kilometer itu akan kelilangan sistem pelumasan nya 

6.FILTER OLI 
filter OLI harus di ganti setiap 3 KALI ganti OLI mesin MENGAPA karna di filter OLI tersebut pasti ada lumpur/endapan sisa-sisa pelumas-pelumas sebelum nya jika tidak di ganti kemungkinan OLI yg berada di dalam mesin tidak dapat melumasi bagian-bagian mesin yang lain karna OLI tertahan di filter dan ada kemungkinan besar mesin akan cepat panas 

7.BAN MOBIL

Roda mobil merupakan bagian penting yang harus kamu cek rutin. Tanpa disadari, bisa saja roda mobil kamu mengalami kerusakan kecil yang jika dibiarkan akan menjadi besar. Yang dapat kamu cek dari roda mobil adalah spooring dan balancing, tie rod, long tie rod, ball joint, laher roda, dan shockbreaker. Setelan sudut keselarasan roda dengan permukaan jalan, atau kerap disebut spooring, bisa saja berubah. Kondisi ini akibat benturan permukaan jalan atau keausan ban.Rata rata ukuran tekanan ban mobil pada bagian depan umumnya yaitu 32 sampai dengan 34 Psi sedangkan untuk ban mobil bagian belakang yaitu 30- 32 Psi. Untuk menentukan tekanan ban ada banyak faktor tergantung pada cuara ,berat beban mobil dan juga merek ban yang digunakan. Saat mobil melaju dengan kecepatan atau berakselerasi diatas 110 KM/jam akan terjadi yang namanya peningkatan tekanan. Kenapa..? karena udara di dalam ban memuai, maka anda harus berhati hati , hal ini akan membahayakan penumpang apabila ban sampai meledak.



SEMOGA INFO INI DAPAT MEMBANTU ANDA 
Demikianlah makalah yang saya buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan saya juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

No comments: