koten ku

Tuesday, June 7, 2016

Sistem kerja SWITCH FAN RADIATOR

Sistem kerja SWITCH FAN RADIATOR ( MOTOR FAN RADIATOR ) ada 2 jenis : 
- Main(On/Off) Massa : Kalau kita cek pakai tester pada kondisi awal, sistem kelistrikan terputus (tidak dapat Massa), apabila suhu mesin mobil sudah panas Massa akan nempel dan kipas radiator hidup. 
-Main(On/Off) di Relay : sistem kerjanya kebalikan dari sistem main Massa. Kalau dicek posisi awal tersambung, pada waktu mesin panas terputus, Massanya dapat dari Relay dan mesin radiator hidup Cara yang paling gampang untuk mengetahui swith fan mobil kita main massa atau main relay pada waktu rusak : Cabut saja soket yang nempel pada swith fan dengan keadaan kunci kontak On, kalau dicabut motor radiator mati berarti swith fan main Massa, dan kalau dicabut motor radiator hidup berarti main Relay. kedua kondisi tersebut dengan keadaan Relay bagus, kalau kedua-duanya sistem pengecekan tersebut kipas radiator mati sudah pasti Relaynya rusak juga (kecuali yang main Massa bisa swithnya saja yang rusak).

Untuk Cara Kerja Motor Extra Fan AC:
- Sistem ON/OFF listrik berasal dari Thermostat AC Mobil - Lama sebentarnya hidup Motor Extrafan AC tergantung setelan di Thermostat AC

Sekering/Skring Putus Terus
Biasanya hal ini terjadi karena Kabel yang dari Relay Fan yang biasanya sebesar 30A yang ke AKI/Accu ukurannya terlalu kecil sehingga kabel menjadi panas dan akibatnya skring meleleh dan putus, sehingga motor kipas Radiator mati dan mengakibatkan mesin panas (Overheating) Solusinya : perbesar ukuran kabel .
Tips Mengatasi Kipas ( Fan ) motor Radiator Mati di Jalan ( Darurat )
 - Mobil/Kendaraan yang menggunakan Switch Fan Main/sistem Relay tinggal mencabut soket yang nempel di switch fan sehingga motor kipas hidup terus. - Dan kendaraan yang mempergunakan switch fan yang main/sistem Massa tinggal mencabut soket yang nempel di switch fan dan tempelkan ke massa kendaraan sehingga kipas hidup terus - Dan Kalau yang rusak Relay fannya ( dicabut atau di tempel ke massa kipas tetap mati ), ganti relay fannya dengan relay apa saja yang ada ( relay klakson/Lampu) yang penting sampai ke bengkel terdekat atau bahkan ke rumah. Salah satu Kekurangan Mobil Timor adalah pada motor fan radiator yang cepat panas sehingga kipas radiator menjadi leleh, menurut beberapa referensi dari pelanggan motor fan radiator timor bisa diganti dengan motor fan Mobil Nissan Terano tetapi harus assy dengan sarangnya/rumahnya
.

No comments: