Macam – Macam Lengan Pengoperasian
Lengan ditempatkan di samping atau di antara kursi
• Tarik batang tarik untuk mengoperasikan rem tangan
• Putar untuk melepas
• Putar untuk melepas
Lengan pedal
• Tekan pedal untuk mengoperasikan rem tangan
• Tarik “knop” untuk melepas
• Tarik “knop” untuk melepas
Nama – nama bagian :
1. Lengan tangan
2. Batang tarik
3. Mur penyetel
4. Penyeimbang
5. Kabel rem
Macam – Macam Pelaksanaan Pegereman Rem Tangan
1. Lengan tangan
2. Batang tarik
3. Mur penyetel
4. Penyeimbang
5. Kabel rem
Macam – Macam Pelaksanaan Pegereman Rem Tangan
Konstruksi
• Lengan rem tangan terpasang pada poros luncur di atas sepatu rem
• Batang dorong terpasang di antara lengan dengan sepatu rem II
• Batang dorong terpasang di antara lengan dengan sepatu rem II
Cara kerja :
• Lengan rem tangan ditarik oleh kabel secara manual
• Batang dorong menekan sepatu rem II dan mengangkat sepatu rem I untuk bersama – sama menekan tromol
• Batang dorong menekan sepatu rem II dan mengangkat sepatu rem I untuk bersama – sama menekan tromol
Penggunaan :
• Mobil kijang
• Hampir semua kendaraan
• Hampir semua kendaraan
Penyetelan Automatis Pada Rem Tangan
Rem tangan pada tromol sering dipakai untuk :
menyetel rem secara automatis
menyetel rem secara automatis
Konstruksi pada bagian – bagian khusus
1. Lengan penyetel
2. Plat penyetel
3. Pegas tarik
4. Baut penghubung ( batang dorong )
2. Plat penyetel
3. Pegas tarik
4. Baut penghubung ( batang dorong )
Bagian – bagian baut penghubung dan roda gigi penyetel
Gerakkan angkat plat penyetel 2 karena didorong oleh lengan penyetel 1 dan dikembalikan lagi oleh pegas tarik 3
Saat celah kanvas besar
• Saat mengoperasikan rem tangan plat penyetel naik pada roda gigi penyetel
• Bila langkahnya cukup besar, plat penyetel bisa naik satu gigi lagi
• Bila langkahnya cukup besar, plat penyetel bisa naik satu gigi lagi
• Saat melepas rem tangan plat penyetel memutarkan roda gigi penyetel
• Putaran roda gigi penyetel akan memanjangkan baut penghubung dan mengurangi gerak bebas antara kanvas dan tromol
• Putaran roda gigi penyetel akan memanjangkan baut penghubung dan mengurangi gerak bebas antara kanvas dan tromol
Saat celah kanvas sesuai
• Bila dilakukan pengoperasian rem tangan lagi, plat penyetel tidak bisa naik satu gigi lagi
Jadi tidak meyetel lagi
Jadi tidak meyetel lagi
Rem Tangan Pada Cakram
Jenis kaliper luncur
• Di belakang torak ada eksenter
• Bila rem tangan ditarik, eksenter menekan torak cakram
• Bila rem tangan ditarik, eksenter menekan torak cakram
Jenis penjepjit sendiri
• Pada kaliper dilengkapi dengan unit penjepit atau tang
• Unit penjepit digerakkan secara manual oleh kabel rem tangan untuk menjepit cakram
• Biasanya dipasang pada aksel belakang
• Unit penjepit digerakkan secara manual oleh kabel rem tangan untuk menjepit cakram
• Biasanya dipasang pada aksel belakang
Jenis tromol pada cakram
• Cara kerjanya seperti rem tromol
• Digerakkan oleh kabel rem tangan
• Digerakkan oleh kabel rem tangan
Catatan :
Semua sistem rem tangan pada rem cakram tidak diperoleh gaya pengereman yang besar
Rem Tangan Pada Transmisi
Konstruksi
Ada dua macam konstruksi
1. Kanvas rem di dalam ( seperti rem tromol biasa )
2. Kanvas rem di luar
1. Kanvas rem di dalam ( seperti rem tromol biasa )
2. Kanvas rem di luar
Cara kerja kanvas rem di luar ( lihat gambar )
• Mekanisme lengan menekan kanvas di atas tromol
• Lengan rem tangan ditarik dengan melalui tuas kanvas rem, maka kanvas menjepit tromol rem.
• Mekanisme lengan menekan kanvas di atas tromol
• Lengan rem tangan ditarik dengan melalui tuas kanvas rem, maka kanvas menjepit tromol rem.
No comments:
Post a Comment